Ada Tebu Dinikahkan Di Jember Diarak Layaknya Pengantin Manusia

Post at Tuesday, 08 May 2018

Ada Tebu Dinikahkan di Jember, Diarak Layaknya Pengantin Manusia

JEMBER - Pabrik Gula (PG) Semboro, Jember, memiliki tradisi unik saat akan melakukan giling tebu. Tradisi tersebut yakni menikahkan dua batang tebu sebelum masuk ke penggilingan. Tradisi yang terjadwal tiap tahun ini disebut Petik Tebu Manten.

Kemeriahan dan kemegahan pernikahan dua batang tebu ini tidak kalah dengan pernikahan manusia. Bahkan, dua batang tebu yang dinikahkan juga dirias layaknya pengantin sungguhan. Dua batang tebu pria dan wanita yang diberi nama Raden Bagus Rosan dan Dyah Ayu Roro Manis lalu diarak sejauh 15 km sebelum penyerahan simbolis ke Kepala Instalasi PG Semboro.

General Manager (GM) PG Semboro Agus Setiono mengatakan, tradisi Petik Tebu Manten ini, digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas akan dilaksanakannya penggilingan gula tahun ini. "Filosofi mengawinkan Raden Bagus Rosan dan Dyah Ayu Roro Manis ini sebagai simbol perkawinan antara PG dan Petani agar tetap berhubungan baik," kata Agus di lokasi perkebunan tebu PTPN XI Gunungsari, Kencong, Senin (7/5/2018). Agus menjelaskan, proses giling rencananya akan dimulai 21 Mei mendatang dan diharapkan selesai akhir September 2018. Jumlah tebu yang akan digiling diperkirakan sebanyak 860.100 ton. "Proses penggilingan akan dilakukan selama kurang lebih 130 hari, dengan kapasitas giling rata-rata 7.000 ton tebuperhari," jelasnya.

Sumber: https://m.detik.com/news/jawatimur/4008759/ada-tebu-dinikahkan-di-jember-diarak-layaknya-pengantin-manusia

#ptpnxi #ptpn11 #holdingperkebunan #kementrianbumn #kbumn #forumhumasbumn #fhbumn #pgsemboro #jember #localwisdom #kearifanlokal #budaya #nusantara
#portalptpn11 #title_Ada-Tebu-Dinikahkan-di-Jember-Diarak-Layaknya-Pengantin-Manusia

 

↑