Bali Miliki Perkebunan Tebu Pertama Di Buleleng

Post at Sunday, 08 July 2018

Bali Miliki Perkebunan Tebu Pertama di Buleleng
BULELENG -- Gubernur Bali Made Mangku Pastika melaksanakan penanaman pohon tebu secara simbolis di lahan Kelompok Sumber Tani Utama seluas 7 Ha dengan jumlah anggota 42 orang, di Desa Sumberkima, Gerokgak, Buleleng, Sabtu, 7 Juli 2018.

Kegiatan itu mengawali penandatanganan perjanjian kemitraan penggilingan tebu rakyat antara koperasi tebu mewakili petani tebu kecamatan gerokgak dengan PT. Perkebunan Nusantara XI (Pabrik Gula Asembagoes) berlokasi di sekretariat koperasi Tani Agro Tani Mandiri.
Pengembangan tanaman tebu dengan seluas 1.200 Ha pada 5 (lima) Desa di kecamatan Gerokgak, Buleleng ini merupakan kerjasama dengan PT. Perkebunan Nusantara XI yang nantinya kalau sudah masa panen akan dibawa ke pabrik gula Asembagoes, Situbondo, Jawa Timur mengingat di Bali sendiri belum ada pabrik gula.

Pastika berharap, jika nantinya kebun tebu sudah luas serta hasilnya cukup banyak dan bagus, ia berharap agar di Bali nantinya dibangun pabrik gula juga agar produksinya bisa lebih cepat. "Saya ucapkan terima kasih kepada Direksi PT. Perkebunan Nusantara Sebelas (XI) atas kerjasamanya baik dalam hal pembinaan teknis, maupun dalam menampung hasil atau produksi tebu ini nantinya," ujarnya.

Dengan adanya pengembangan tanaman tebu, maka sebagian lahannya dapat ditanami sepanjang tahun. Adanya pengembangan tebu ini juga diharapkan dapat menghasilkan limbah untuk menunjang ketersediaan pakan ternak khususnya sapi yang populasinya cukup banyak di Buleleng.
Selengkapnya di https://m.kumparan.com/kanalbali/bali-miliki-perkebunan-tebu-pertama-di-buleleng-27431110790540695
#ptpnxi #ptpn11 #holdingperkebunan #holdingperkebunannusantara #kbumn #kementrianbumn #fhbumn #bali #pabrikgula #situbondo #portalptpn11 #title_Bali-Miliki-Perkebunan-Tebu-Pertama-di-Buleleng