Berkeliling Kebun

Post at Monday, 18 June 2018

Berkeliling Kebun Tebu Naik Lokomotif Uap di Situbondo

SITUBONDO - Bersantai dengan mengunjungi objek wisata alam dan pantai mungkin sudah kerapkali dilakukan orang setiap libur akhir pekan dan libur panjang sekolah maupun libur di hari besar.

Namun bagaimana jika berwisata dengan berkeliling di areal perkebunan tebu dengan menggunakan atau menaiki lokomotif uap? Jawabannya ada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Salah satu pabrik gula di Kabupaten Situbondo, yang merupakan peninggalan Kolonial Belanda, yakni Pabrik Gula Olean (PG Olean) Desa Olean, Kecamatan Kota Situbondo, yang menfasilitasi objek wisata itu.

PG Olean milik PT Perkebunan Nusantara XI ini, menawarkan agrowisata dan wisata edukasi PG Olean bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, dengan berkeliling naik lokomotif uap dilengkapi edukasi proses pembuatan gula.

Untuk paket wisata menaiki lokomotif uap berkeliling areal perkebunan tebu, cukup membayar Rp2.500.000 untuk 25 orang, pengunjung sudah bisa berkeling menikmati pemadangan alam perekebunan tebu hingga berjam-jam.

Selain bisa menikmati pemandangan alam perkebunan tebu atau agrowisata juga ada wisata edukasi, pemandu wisata PG Olean juga akan mengajak wisatawan ke dalam pabrik untuk mengetahui proses pembuatan gula dari awal (tebu) hingga menjadi gula pasir. "Paket wisata lokomotif uap Rp2,5 juta maksimal untuk 25 orang itu sudah cukup murah, karena untuk menghidupkan lokomotif tenaga uap juga membutuhkan waktu sekitar empat jam bahkan hingga lima jam menggunakan kayu bakar," kata Wulandari, pemandu wisata PG Olean Situbondo.

Selain wisatawan bisa menggunakan paket wisata lokomotif tenaga uap, juga dapat menyewa lokomotif tenaga mesin disel, yang tentunya harganya lebih murah, yakni Rp500.000.

Selama ini, hampir semua pengunjung yang menggunakan lokomotif uap berasal dari Belanda, Prancis dan Austria.
https://jatim.antaranews.com/berita/255103/berkeliling-kebun-tebu-naik-lokomotif-uap-di-situbondo-video
Video milik @antaranewscom

#ptpnxi #ptpn11 #holdingperkebunan #kbumn #kementrianbumn #fhbumn #agrowisata #pgolean #keretaapiuap #lori #banggasitubondo #portalptpn11 #title_Berkeliling-Kebun Tebu-Naik-Lokomotif-Uap