Mesin Uap Di PG Olean Situbondo Akan Jadi Wisata Dunia

Post at Sunday, 29 April 2018

Mesin Uap di PG Olean Situbondo akan Jadi Wisata Dunia

SITUBONDO – Wisata mesin uap (heritage) yang dimiliki oleh PT Perkebunan Nusantara XI atau Pabrik Gula Olean di Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur diusulkan menjadi wisata dunia mengingat mesin tersebut merupakan cagar budaya dunia yang dilestarikan dan tidak mengalami modernisasi.
Hal tersebut dilansir oleh www.internationalsteam.co.uk bahwa satu satunya mesin uap di Jawa Timur hanya ada di PG Olean. Untuk melestarikan cagar budaya ini, oleh Belanda diusulkan untuk menjadi wisata dunia, mengingat selama perang dunia 1 taupun 2, PTPN XI tidak mengalami modernisasi baik secara teknologi dan arsitektrur.
Saat ini, PG Olean dibawah ancaman penutupan karena produksi gula sudah tidak bisa bersaing, sementara petani lokal banyak yang menanam tanaman komersial lain seperti padi, jagung dan lain – lain.
Sofyan Hadi sebagai tokoh muda yang terlahir di Olean mengungkapkan, Pemerintah Daerah dan PTPN XI juga berperan aktif serta mendorong untuk menjaga cagar budaya di Pabrik Gula di desa Olean sebagai potensi daerah sebagai pengembangan wisata.
“Terbayang waktu kecil dulu, pernah menaiki lokomotif uap di saat bermain pada masa kecil. Saya rindu lokomotif bisa hidup kembali sebagai wisata yang bisa dinikmati oleh masyarakat, “ katanya kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Kamis (26/4/2018).
Sofyan berharap agar konsep pelestarian dan pemeliharaan cagar budaya tersebut dapat ditindak lanjuti oleh Pemerintah Daerah dan pihak Pabrik Gula Olean karena Kabupaten Situbondo akan menyambut kunjungan wisata tahun 2019.

Sumber : https://m.timesjatim.com/read/35200/20180426/165741/mesin-uap-di-pg-olean-situbondo-akan-jadi-wisata-dunia/#

#ptpnxi #ptpn11 #holdingperkebunan #kementrianbumn #kbumn #forumhumasbumn #fhbumn #agriwisataolean #pgolean #cagarbudaya #situbondo @banggasitubondo @exploresitubondo.id @pesonasitubondo @situbondohits #portalptpn11 #title_Mesin-Uap-di-PG-Olean-Situbondo-akan-Jadi-Wisata-Dunia