PTPN XI Dukung Penanaman Tebu Di Bali

Post at Sunday, 08 July 2018

PTPN XI Dukung Penanaman Tebu di Bali

BALI - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI mulai melakukan penanaman tebu di Provinsi Bali. Diharapkan penanaman tebu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Saat ini lahan seluas 48,5 hektar sudah tertanami.  Sedangkan yang proses land clearing sebesar 300 hektar. Kami berharap tahun ini di Kecamatan Gerokgak ini bisa ditanami tebu dengan luasan 1.200 hektar. Total lahan rencana tahun depan  dibuka lahan baru seluas 4.000 hektar di Buleleng,” terang Direktur Komersil PT Perkebunan Nusantara XI Sucipto Prayitno di Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng, Sabtu (7/7/2018). PTPN XI akan membantu dengan menyediakan bibit dan bimbingan teknis di lapangan. ”Kami mendukung gerakan tanam tebu ini, dengan menyediakan bibit berkualitas dan bimbingan teknis di lapanganan. Hal ini merupakan upaya untuk menambah luas lahan tebu dan mencapai swasembada gula nasional,” ujarnya.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika menambahkan, gerakan penanaman tebu ini memanfaatkan lahan yang relatif kering dan selama ini kurang produktif. ”Dengan demikian diharapkan bisa memberikan konstribusi positif bagi pembangunan ekonomi kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur Bali. ”Kami harap masyarakat juga bisa beternak sehingga bisa mensuport program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Belum lagi pupuknya, bisa kita gunakan pupuk organiknya , baik untuk tanaman tebu itu sendiri maupun untuk lahan-lahan lain. kita harapkan daerah ini menjadi hijau dan subur, itu dampak kedepannya,” ujar I Made Mangku Pastika.

Selengkapnya di http://kanalsatu.com/id/post/52638/ptpn-xi-dukung-penanaman-tebu-di-bali

#ptpnxi #ptpn11 #holdingperkebunan #holdingperkebunannusantara #kbumn #kementrianbumn #fhbumn #bali #pabrikgula #situbondo #portalptpn11 #title_PTPN-XI-Dukung-Penanaman-Tebu-di-Bali