PRODUK

  • Gula Kristal Putih

    Produk utama yang dihasilkan oleh PT Perkebunan Nusantara XI adalah gula kristal putih (GKP) berbasis tebu. Hingga kini, gula yang menjadi core business PTPN XI masih merupakan komoditas vital-strategik dalam ekonomi pangan Indonesia. Keberadaannya tidak hanya diperlukan sebagai pemanis berkalori yang menjadi salah satu bahan kebutuhan pokok (basic needs) masyarakat, melainkan juga bahan baku bagi industri makanan dan minuman. Pola produksinya yang melibatkan petani tebu, menyebabkan pemerintah masih merasa perlu mengeluarkan sejumlah kebijakan dan regulasi agar harga gula secara wajar dan menguntungkan semua pihak dapat diwujudkan.

    Read More
  • GUPALAS

    Mulai tahun 2011 PT Perkebunan Nusantara XI mulai memasarkan gula dalam kemasan 1 kg dengan menggunakan merek GUPALAS (Gula Pasir Sebelas). Penjualan gula dalam kemasan 1 kg ditujukan kepada pengguna akhir (end user) dengan kriteria GKP I dengan ICUMSA 80-100 IU atau dikenal sebagai gula kristal putih dengan mutu premium. GUPALAS di produksi oleh Pabrik Gula Semboro Jember Jawa Timur.

    Read More
  • Karung Plastik PK Rosella Baru

    Karung Plastik merupakan produk yang dihasilkan oleh unit usaha Pabrik Karung (PK) Rosella Baru yang berlokasi di Ngoro Industri Persada Mojokerto. Karung plastik yang diproduksi oleh PK Rosella ini digunakan dalam rangka pemenuhan kebutuhan untuk keperluan produksi gula di setiap pabrik gula yang dimiliki oleh PTPN XI. Selain itu produksi karung juga dilakukan untuk pemenuhan pesanan dari pihak di luar PTPN XI dan unit usahanya. Apabila anda tertarik dengan produksi unit usaha dari PK Rosella, silahkan hubungi kami di kontak atau datang langsung ke Kantor Pusat di Jalan Merak No.1 Surabaya.

    Read More

BERITA

PTPN XI bidik produksi lima juta tebu pada 2018

Post at Tuesday, 02 January 2018,

Surabaya PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI membidik produksi hingga lima juta tebu Ton Cane Day (TCD) pada 2018 atau meningkat dari realisasi sebesar 4,2 juta TCD pada 2017.

 

Direktur Operasional PTPN XI, Daniyanto, menilai target tersebut cukup realistis bisa dicapai pada 2018 jika berkaca melihat kinerja yang diraih tahun 2017.

 

"Pada 2017 produksi tebu di PTPN XI mencapai 4,2 juta TCD. Dengan presentasi 85 persen dari tebu rakyat dan 15 persen tebu sendiri. Dengan capaian itu kami optimistis target 2018 tercapai," katanya di Surabaya, Selasa. Selain itu, lanjut Daniyanto, pada 2018 PTPN XI juga akan melakukan intensifikasi di lahan milik sendiri yang mencapai 12 ribu hektare, termasuk sekira 5 hektare di antaranya di Pabrik Gula Jatiroto, Lumajang, Jawa Timur. "Beberapa langkah juga kami lakukan dalam intensifikasi lahan tebu, di antaranya penggantian varietas tebu, perbaikan kultur budidaya tebu, ketepatan pemberian pupuk, dan penyusuaian masa tanam," tuturnya. Daniyanto juga mendorong perbaikan budi daya tanam tebu petani, tujuannya agar petani kembali bergairah menanam tebu, dengan cara memberikan bantuan bibit, kompos dan juga melakukan diversifikasi produk. "Kami juga melakukan diversifikasi produk, di antaranya menghasilkan energi listrik dengan kerja sama dengan PLN untuk menyiapkan pabrik gula (PG) Asembagus di Kabupaten Situbondo untuk menghasilkan energi terbarukan berupa bioetanol dan tenaga listrik Cogeneration yang merupakan listrik yang dihasilkan oleh mesin uap mesin giling di pabrik gula," katanya. Sebelumnya, PTPN XI juga meluncurkan aplikasi GO Tani atau layanan berbasis gawai untuk mempermudah dan mendukung produktivitas di bidang pertanian. Aplikasi itu sebagai upaya membangun nawacita kedaulatan pangan Nasional dan mengikuti tren zaman sekarang, dengan menggunakan fasilitas sekali ketuk, tujuannya untuk mendukung pelayanan dalam industri pertanian.

Sumber : disini

Read More

Kedawung Agro Selfie (KAS)

Post at Monday, 18 December 2017,

PASURUAN - Ide gagasan selalu muncul sebagai wujud kreatifitas dan sering tidak terduga datangnya. Berawal dari keinginan pelaksanaan in house keeping di emplasement Pabrik Gula Kedawoeng, muncul ide untuk membagi tanggungjawab perawatan kebersihan kepada seluruh karyawan melalui pembagian area emplasement pabrik gula menjadi 18 kapling. " Pada saat ide itu disampaikan ternyata yang muncul justru antusiasme karyawan, tidak hanya membersihkan emplasemen tetapi membuat taman dengan swadaya bahkan swadana. Selepas jam kerja kantor karyawan berinisiatif melakukan kerja bakti. Masing-masing karyawan membawa satu jenis bunga dan mengumpulkan dana secara pribadi untuk kelengkapannya " terang Agus Harimawan Manajer Aku PG Kedawung.  Alhasil taman-taman indah berwarna-warni tercipta dari kreasi karyawan tersebut sehingga terbentuk gagasan dibuka untuk umum dengan julukan Kedawung Agro Selfie. " Kabupaten Pasuruan kini mempunyai tempat yang cocok sebagai destinasi wisata agribisnis "jaman now" yakni Pabrik Gula Kedawung. Selain wisata sejarah, banyak tersedia spot cantik terutama untuk berfoto ria atau membuat videografi yang kaya dengan warna-warni. Ini wujud dari transformasi bisnis pabrik gula " pungkasnya.

Harapannya Kedawoeng Agro Selfie (KAS) bisa diandalkan sebagai destinasi wisata Pasuruan terlebih untuk mengisi liburan sekolah saat ini. KAS merupakan jujugan rekreasi agribisnis "zaman now" baru yang patut untuk dikunjungi. "Silahkan mengeksplorasi emplasement PG Kedawung, kami memanjakan bagi pencinta fotografi dengan berbagai angel dan spot yang menarik untuk berkarya " terang Agus Harimawan Manajer Aku PG Kedawung.  Pengunjung cukup membayar 2.500 rupiah per orang, harga yang cukup terjangkau bagi destinasi wisata.

Selain itu, guna menarik minat pengunjung, manajemen PG Kedawung membuat lomba foto "selfie" dengan berlatar belakang KAS. Antusias masyarakat sekitar pun terlihat dari jumlah foto yang telah ditandai pada akun instagram milik PG Kedawung. (Jo /Yns) 

Read More

Perlu Komitmen Jaga Lahan Pertanian dan Perkebunan

Post at Monday, 18 December 2017,

SURABAYA - "Hingga akhir tahun tingkat inflasi Jawa Timur diperiksa terkendali direntang 3,8 - 4,0%, terutama disebabkan oleh meredanya tekanan inflasi volatile food dan stabil nya inflasi inti" ungkap Difi Ahmad Johansyah Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2017 dan Outlook Perekonomian Tahun 2018 yang bertajuk Memperkuat Momentum Perekonomian Jawa Timur yang digelar Kamis (13/12) lalu di Surabaya.  Sedangkan Soekarwo Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya menyebut ada tiga sektor dominan di Jawa Timur yakni industri 28,79%, perdagangan 18,25%, pertanian 13,55%. Sedangkan sektor lainnya sebesar 39,41% . Pertumbuhan Sektor Pertanian melambat 1,65% pada tahun 2017 bila di banding tahun sebelumnya.  Menyikapi hal ini Agus Priambodo Corporate Secretary PT Perkebunan Nusantara XI yang turut hadir dalam acara tersebut berharap kedepan ada kebijakan pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pemda terkait. "Pemprov dan pemkab harus mempunyai komitmen kuat untuk meningkatkan pertumbuhan sektor pertanian, diantaranya regulasi tata ruang untuk menjaga keberadaan lahan pertanian" terangnya.  Lebih lanjut pihaknya menyoroti menurunnya lahan pertanian karena beralih fungsi. "Banyak daerah giat melakukan pembangunan, tetapi kami berharap lahan pertanian yang sudah ada jangan dikurangi dengan alasan pengembangan perumahan bahkan industri" harapnya lebih lanjut.  Dengan adanya regulasi penataan lahan pertanian dan komitmen bersama yang kuat, jaminan keberadaan lahan pertanian dan perkebunan serta upaya para pelaku agribisnis dan agroindustri serta petani untuk meningkatkan produktivitas maka potensi pertumbuhan sektor pertanian besar terwujud dan mendukung keberadaan Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional, terutama gula.  Acara tersebut diikuti oleh pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, serta para pelaku ekonomi dan bisnis Jawa Timur.(Jo/Yns) 

Read More

Refreshment Pejabat Puncak

Post at Wednesday, 13 December 2017,

SURABAYA - Bertempat di Ruang Rapat Utama pada Selasa (12/12) siang dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah 8 pejabat puncak PTPN XI. Ini merupakan bagian dari prosesi penyegaran dan pemantapan formasi pejabat puncak di PTPN XI. " Refreshment jabatan merupakan pengayakan kapasitas atas tantangan-tantangan baru. Untuk itu kami berharap pada semua jajaran pejabat puncak untuk tetap solid dan berjalan searah demi mencapai tujuan bersama " terang Moh Cholidi Direktur Utama PTPN XI  8 pejabat puncak tersebut yaitu : - Agoes Nurwidodo sebagai GM PG Jatiroto - Rahadi Kuncoro sebagai GM PG Rejosari dan Purwodadi - Probo Wahyono sebagai GM PG Kanigoro - Subagio sebagai Pjs GM PG Pagottan - Jarot Rudi W sebagai Pjs Kadiv Pengolahan - Gampil Dwisusanto sebagai Pjs Kadiv Penelitian dan Quality Control - Christanto Martono sebagai Kadiv Budidaya Tanaman - Titik W.P sebagai Pjs Kadiv Umum dan Pemberdayaan Aset Selain itu Direksi juga mengangkat 2 orang Staf Khusus Direksi yakni Imam Cipto S dan Sugondo. Dengan formasi baru tersebut diharapkan jelang akhir tahun ini masing-masing direktorat dan unit usaha solid dan siap menjalankan strategi bisnis sebagai bagian dari pencapaian target korporasi. (Yns/Jo)

Read More

Anak Perusahaan Targetkan Laba 60,4 M 

Post at Wednesday, 13 December 2017,

SURABAYA - PT Nusantara Sebelas Medika anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara XI, targetkan meraih laba sebesar 60,4 Milyar rupiah ditahun 2018. Hal ini dinyatakan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) Pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2018. " Kami menargetkan laba sebesar 60,4 milyar di tahun 2018 " terang Arif Wijanto Direktur Utama PT Nusantara Sebelas Medika. Dalam arahan pemegang saham, Moc. Cholidi Direktur Utama PTPN XI mengatakan agar PT NSM dalam menjalankan dua fungsi sebagai korporasi jasa kesehatan dengan tetap memperhatikan perolehan revenue. " Diharapkan NSM mampu menjalankan dua fungsi yakni sosial dan bisnis, dengan tetap memperhatikan perolehan revenue " lanjutnya. Kegiatan tersebut diikuti oleh direksi PTPN XI beserta jajaran serta ketua koperasi RS Lavalette selaku pemegang saham, dan Komisaris dan direksi PT NSM beserta jajaran.  PT NSM mempunyai empat rumah sakit yakni RS Lavalette Malang, RS Elizabeth Situbondo, RS Wonolangan Probolinggo dan RS Djatiroto Lumajang. Klinik kesehatan yang dimiliki antara lain Klinik Welas Asih Medika Surabaya dan Klinik Argosari Madiun. (Jo/Yns)

Read More
  • ‹ First
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • Last ›
  • MAP LOKASI UNIT