Filosofi Bambu

Post at Tuesday, 25 September 2018

Filosofi Bambu (3)

Sobat, pasti mengenal pohon bambu, pohon yang penampakannya khas, rimbun berumpun dengan batang yang panjang serta berdaun kecil mirip rumput.Ternyata pohon bambu penuh filosofi diantaranya ;
1. Kesetiaan dan Ketulusan."Lambatnya" pertumbuhan pohon mengajarkan kita untuk setia menanam dan merawat walaupun hasilnya tidak langsung kelihatan, namun jika kita tetap gigih dan tulus berpegang pada komitmen maka sesuatu itu pasti akan indah pada waktunya.
Untuk menjadi baik dan memperoleh kesuksesan, tidak ada jalan lain selain ketekunan dan kegigihan dalam berusaha.
2. Berdaya guna dan memiliki nilai manfaat.Bambu salah satu jenis pohon yang baik untuk kelestarian lingkungan. “Setiap ada rumpun bambu di sana, sudah pasti ada sumber air. Kita sebagai manusia sosial harus dapat menempatkan diri sebagai makhluk yang berguna & bermanfaat bagi lingkungan sekitar.
3. Nilai Kesopanan.Semasa kecilnya, pohon bambu berdiri tegak, saat tua akan menunduk. Ini lambang filosofi hidup yang menjaga tata krama & sopan santun.
4. Menjadi diri sendiri.Meskipun berlatar rumput, pohon bambu berubah menjadi tanaman yang berbeda karakter dibanding rumput lain. Penentu keberhasilan hidup kita adalah bagaimana kita mengekspresikan potensi diri & membaur dalam lingkungan sekitar. Itu yang membuat kita menjadi pribadi yang luar biasa.
5. Tegar dan tangguh.Ketika hembusan angin kencang, pohon bambu merunduk. Setelah angin berlalu, akan berdiri tegak kembali. Perjalanan hidup manusia, pastilah tidak lepas dari cobaan dan rintangan. Jadilah seperti pohon bambu, yakin bahwa cobaan & rintangan akan berlalu. Setelah itu segeralah bangkit dan berdiri tegak. Dalam keadaan sesulit apapun kita tetap tegar & menjadi manusia tangguh. Jangan berlarut dalam kesedihan, meratapi kegagalan yang terjadi. Tidak berlama mengutuki kegelapan, tetapi segera bangkit menyalakan pelita.
6. Fleksibilitas (kelenturan).Di tengah tumbangnya pohon lain akibat serangan puting beliung, bambu tetap kokoh tak bergeming. Kita perlu fleksibel dalam menghadapi tantangan & kesulitan.
#ptpnxi #ptpn11 #holdingperkebunan #holdingperkebunannusantara #kbumn #kementrianbumn #fhbumn #portalptpn11 #title_Filosofi-Bambu